Melindungi Si Karet Bundar

Melindungi Si Karet Bundar

Perlindungan asuransi sekarang bukan hanya pada mobil. Kini hadir asuransi yang lebih spesifik yakni melindungi ban mobil Anda. Bagaimana aturan mainnya?

Melindungi Si Karet Bundar

Selain asuransi komprehensif dan Total Loss Only (TLO) terhadap kendaraan, kini hadir asuransi yang juga melindungi ban mobil. Program perlindungan terhadap ban mobil terbaru ini ditawarkan oleh dua perusahaan asuransi internasional, yakni PT Asuransi Allianz utama dan PT AIG Insurance Indonesia.

Namun baru satu brand otomotif di Indonesia yang menawarkan perlindungan ban ini yakni BMW Group Indonesia. Mereka bekerjasama dengan PT Asuransi Allianz Utama Indonesia dengan nama BMW Group Tire Coverage. Program ini resmi dimulai pada awal 2016 dan tersedia untuk pembelian unit BMW dan MINI baru.

Program ini berhubungan bagi kendaraan yang dijual mulai dari Januari 2016. Periode program ini mencapai 3 tahun dan termasuk pergantian maksimal 4 buah ban per tahun senilai hingga 100 persen mencakup harga ban dan biaya jasa. Hal yang ditanggung antara lain kerusakan akibat tertusuk benda tajam, ban benjol karena benturan, bocor, atau mobil dalam keadaan ban kempis. “Program ini adalah proteksi yang Allianz berikan spesial kepada pemilik mobil BMW dan MINI. Kami menyadari bahwa keselamatan berkendara adalah hal yang penting untuk terus dilakukan,” ungkap Peter van Zyl, Presiden Direktur PT Asuransi Allianz Utama. Lalu jika terjadi kerusakan pada ban, proses pengajuan klaimnya pun mudah.

Pemilik mobil dapat mengajukan klaim di bengkel resmi BMW. Selanjutnya pihak BMW yang akan meneruskan proses klaim ke Allianz. Menariknya, program asuransi ban ini tidak menempel pada asuransi kendaraan seperti komprehensif dan TLO. Jadi jika ban mobil Anda mengalami bocor atau robek saat berkendara, Anda bisa mengajukan klaim terpisah dari asuransi komprehensif dan TLO. Sedangkan di asuransi AIG program perlindungan ban ini sudah termasuk dalam paket asuransi kendaraan komprehensif. Dengan syarat mobil berusia tidak lebih dari 5 tahun. Namun perlindungannya hanya mencakup jika mobil mengalami tabrakan dan menyebabkan kerusakan ban. Namun tidak melindungi jika ban bocor terkena benda tajam seperti paku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *