JuanRamadhan.com

waktu paling tepat untuk berbagi kebaikan adalah SEKARANG…!!!

Menu

Lafadz Adzan dan Iqomah dalam Bahasa Arab

JuanRamadhan.com – Pada artikel terdahulu, saya pernah berbagi Pengertian Adzan dan Iqomah serta Hukumnya. Nah, untuk melengkapi pembahasan tentang Adzan dan Iqomah, maka pada kesempatan ini saya akan sedikit berbagi mengenai redaksi adzan dan iqomah atau lafadz-lafadz adzan dan iqomah dalam bahasa arab, latin dan artinya lengkap.

Perlu Anda garis bawahi, dalam adzan shalat 5 waktu, hanya shalat subuhlah yang lafadz adzannya sedikit berbeda yakni ada tambahan lafadz tertentu yang artinya yaitu “Shalat lebih baik dari pada tidur”. Mengapa demikian? Karena, saat adzan subuh dikumandangkan, mayoritas orang sedang asyik-asyiknya tidur.

Berikut adalah redaksi atau lafadz adzan lengkap bahasa arab, latin dan artinya yang wajib dihafal bagi kita semua khususnya bagi mu’adzin (orang yang adzan).

اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ ، أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ ، اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ ، حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ ، حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Khusus untuk adzan shalat subuh, setelah membaca lafadz “Hayya ‘Alal Falaah”, mu’azin kemudian membaca lafadz berikut ini :

اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ ، اَلصَّلاَةُ خَيْرٌ مِنَ النَّوْمِ

Setelah membaca lafadz diatas, kemudian dilanjutkan dengan lafadz adzan berikutnya yakni “Alloohu Akbar, Alloohu Akbar” sampai selesai.

Adapun untuk lafadz iqomah hampir sama seperti lafadz adzan, hanya saja diucapkan tidak berulang-ulang alias satu kali. Dan berikut adalah lafadz iqomah lengkap bahasa arab, latin dan artinya :

اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
أَشْهَدُ اَنْ لاَ اِلَهَ إِلاَّاللهُ
اَشْهَدُ اَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ
حَيَّ عَلَى الصَّلاَةِ
حَيَّ عَلَى الْفَلاَحِ
قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ ، قَدْ قَامَتِ الصَّلاَةُ
اَللهُ اَكْبَر، اَللهُ اَكْبَر
لاَ إِلَهَ إِلاَّالله

Itulah lafadz-lafadz adzan dan iqomah dalam bahasa arab yang dapat saya share pada kesempatan ini. Mohon maaf, untuk lafadz iqomah dan adzan dalam bahasa latin serta artinya masih dalam proses, karena tulisan arab dilatinkan ternyata lebih susah daripada nulis arab itu sendiri. 😀 . Jadi, mohon maklum, sabar menunggu ya? Semoga bermanfaaat

Related For Lafadz Adzan dan Iqomah dalam Bahasa Arab