JuanRamadhan.com

media belajar dan berbagi via blog

Ikuti kami di YouTube untuk mendapatkan video doa-doa lengkap

×
Menu

Bacaan Niat Qadha Puasa Ramadhan

Kategori: Puasa Ramadhan

JuanRamadhan.com – Puasa ramadhan tahun ini tinggal menghitung hari. Bagi kamu yang tahun kemaren kebetulan punya hutang puasa ramadhan, segeralah mengganti/mengqadha puasa ramadhan tahun lalu sebelum masuk puasa ramadhan tahun ini.

Allah SWT berfirman:

فَمَنْ كَانَ مِنْكُمْ مَرِيضًا أَوْ عَلَى سَفَرٍ فَعِدَّةٌ مِنْ أَيَّامٍ أُخَرَ

Artinya :
Barangsiapa diantara kamu ada yang sakit atau dalam perjalanan (lalu ia berbuka), maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain. (QS. Al-Baqarah: 184)

Para ulama mewajibkan, bagi orang yang memiliki hutang puasa ramadhan, sementara dia masih mampu melaksanakan puasa, agar melunasinya sebelum datang ramadhan berikutnya. Berdasarkan keterangan A’isyah R.A:

كَانَ يَكُونُ عَلَيَّ الصَّوْمُ مِنْ رَمَضَانَ، فَمَا أَسْتَطِيعُ أَنْ أَقْضِيَ إِلَّا فِي شَعْبَانَ

Artinya :
Dulu saya pernah memiliki utang puasa ramadhan. Namun saya tidak mampu melunasinya kecuali di bulan sya’ban. (HR. Bukhari 1950 & Muslim 1146)

Nah, dari penjelasan diatas, sudah sangat jelas apabila meninggalkan puasa ramadhan wajib untuk menggantinya sebelum masuk ramadhan tahun berikutnya, paling akhir di bulan sya’ban. Mumpung tahun ini belum masuk bulan puasa, mari yang masih punya hutang puasa segera di bayar.

Berikut lafadz niat puasa qadha ramadhan

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ قَضَاءٍ فَرْضَ رَمَضَانً ِللهِ تَعَالَى

NAWAITU SHOUMA GHODIN ‘AN QADAA’IN FARDHO ROMADHOONA LILLAHI TA’ALAA

Artinya :
Aku niat puasa esok hari karena mengganti fardhu Ramadhan karena Allah Ta’ala

Itulah bacaan niat mengganti puasa ramadhan. Semoga Allah SWT menerima amal ibadah kita, menerima qadha puasa kita dan mengampuni segala dosa-dosa kita. Amin.

Artikel terkait: